oleh HN
2017-12-08 10:08:39   |   Kategori umum  |   Dibaca 49 kali

Senin, 27 November 2017 di ruang multimedia SMP Negeri 1 Mojokerto digelar Sosialisasi dan Pendampingan Sekolah Model yang bertepatan juga dengan acara Launching Buku Puisi dan Cerpen Karya Siswa Spensa. Selain para pendidik dari SMP 1, acara launching buku yang dimulai pukul 10.00 WIB juga dihadiri oleh guru dan kepala sekolah dari sekolah lain.

Acara tersebut dibuka oleh Kepala Sekolah SMP Negeri 1 dengan memberi sambutan dan apresiasi terhadap perwakilan siswa yang menjadi penulis dalam buku tersebut. Para penulis yang hadir dalam launching buku diantaranya, adalah Prasta dari kelas 7F, Najwa 7G, Nayla 8D, dan Kartika dari kelas 9. Launching buku dan sosialisasi pendampingan sekolah model juga dihadiri oleh Kepala dinas Kota Mojokerto, Bapak Novi Rahardjo, S.STP, MSi. , dan pemateri sosialisasi yaitu Bu Nurul Laila, Msi. Dalam sambutannya, Kepala Dinas sempat melemparkan pertanyaan kepada para peserta sosialisasi. Berikut pertanyaan beliau, “Bapak/Ibu, kira-kira ada ndak yang bisa menebak, anak-anak ini nanti besarnya jadi apa?”, dengan sangat optimis, semua peserta menyepakati bahwa salah satu dari mereka akan ada yang menjadi penulis. Hal ini menjadi motivasi sekaligus penyemangat bagi anak-anak bahwa mereka bisa meraih kesuksesan melalui apa yang mereka tekuni sekarang.

Dalam acara launching buku, para penulis diminta untuk membacakan puisi beserta makna yang terkandung dalam puisi itu. Mereka juga menjelaskan pesan apa yang disampaikan dalam puisi dan cerpen tersebut. Beberapa judul puisi yang diapresiasi oleh bapak kepala sekolah diantaranya adalah, “Ludruk di Ujung Senja”, dan” Sekuntum Mawar di Kaki Ibu”. Sangat menarik sekali. Hal ini merupakan perwujudan dari gerakan literasi yang membudaya di SMP 1. Siswa tidak hanya gemar membaca, tetapi juga produktif dan mampu menulis bahkan menciptakan buku.

Semoga, semangat dari para penulis cerpen dan penyair junior spensa dapat ditularkan kepada siswa-siswi spensa yang lainnya, bahkan menginspirasi siswa sekolah lain untuk menggalakkan gerakan literasi dengan gemar membaca dan aktif menghasilkan tulisan. SALAM LITERASI. (HN)